Keistimewaan Sholat Tahajud

QS. Al-Isra Ayat 79: “Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

Terpuji itu lawan dari terkutuk.”

Tidak semua manusia mampu bangun malam dan menjalankan solat tahajud. Ustadz Oemar Mita mengatakan berapa banyak manusia yang hanya menjadi bangkai di malam hari?

QS. Az-Zariyat ayat 17, Allah berfirman: “mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam;”

“Beruntunglah orang-orang yang dikasihi sama Allah, dicintai sama Allah. Dan, sholat tahajud inilah salah satu jalannya.”

QS. Az-Zariyat Ayat 16: “mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik;”

Seseorang itu tidak akan mampu beribadah kecuali mendapatkan pertolongan Allah. Itulah perlunya hidayah agar ilmu yang sudah diperoleh mampu melahirkan ibadah. Berapa banyak orang berilmu namun ilmunya tidak menembus hati dan tidak menjadikannya mampu beribadah? Mintalah hidayah agar ilmu yang telah diperoleh melahirkan amal.

Ustadz Oemar Mita pernah mengatakan bahwa ada seorang sahabat nangis dan beristigfar ketika suatu malam tidak bisa bangun untuk menjalankan solat tahajud. Ia yakin kalau ada suatu dosa yang telah ia lakukan. Setelah bertaubat dan menyadari dosa yang tanpa sengaja telah ia perbuat, iapun bisa bangun malam lagi. Nah, bisakah kita bangun malam untuk solat tahajud?

________

Sumber:

  1. Gus Rofik, “Keistimewaan Sholat Tahajud,” Youtube (https://www.youtube.com/watch?v=NxjV8WdN79I).
  2. Ust. Oemar Mita, Lc, “6 Permohonanmu,” YouTube.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.