Allah knows and you don’t know (Allah Mengetahui Dan Anda Tidak)

By Mufti Menk1,2

Sometimes we desperately want something but Allah does not open the door. And sometimes we don’t want something but Allah is driving us toward that thing. It happens.

(Terkadang, Kita sangat menginginkan sesuatu tapi Allah tidak membuka pintunya. Dan terkadang kita tidak menginginkan sesuatu tetapi Allah mendorong kita menuju ke hal tersebut. Itu terjadi.)

I desperately want a job. I desperately want to get married somewhere. I desperately want to move somewhere. I desperately am looking for something. It is just not coming.

(Saya sangat menginginkan suatu pekerjaan. Saya sangat ingin menikah di suatu tempat. Saya sangat ingin pindah ke suatu tempat. Saya mati-matian mencari sesuatu. Cuma tidak terjadi.)

So, Allah Subhanahu Wa Taʿala says, “Wa ‘asaaa an takrahuu shai’anw wa huwa khairullakum.” It is possible at times that you detest something but it’s better for you. Your Boss suddenly fires you. Unjustified.

(Jadi, Allah Subhanahu Wa Taʿala berfirman, “Wa ‘asaaa an takrahuu shai’anw wa huwa khairullakum.” Mungkin saja suatu saat anda membenci sesuatu padahal itu lebih baik untuk anda. Bos anda tiba-tiba memecat anda. [Suatu hal yang] tidak bisa dibenarkan.)

And you don’t know why did this happen. I was innocent and you make dua to Allah. You ask Allah. You call out to Allah.

(Dan anda tidak tahu mengapa ini terjadi. Saya tidak bersalah dan anda berdoa kepada Allah. Anda bertanya kepada Allah. Anda memanggil Allah.)

And Allah Subhanahu Wa Taʿala help seems not to be coming. But, if you are a believer you know, “Wa ‘asaaa an tuhibbo shai’anw wa huwa sharrullakum;” Perhaps, there is something good in what it seems to be bad at this point.

(Dan pertolongan Allah Subhanahu Wa Taʿala sepertinya tidak kunjung datang. Tapi, jika anda seorang yang beriman, anda tahu, “Wa ‘asaaa an tuhibbo shai’anw wa huwa sharrullakum;” Mungkin, ada sesuatu yang baik di dalam sesuatu yang tampaknya buruk pada saat ini.)

________

Reference (Referensi): 

  1. (https://www.youtube.com/shorts/zkO5lo5OQf0)
  2. (https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ismail_ibn_Musa_Menk)
  3. QS. Al-Baqarah Ayat 216 “Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.