Bab 7 Pengukuran Dan Pengendalian Aset yang Digunakan (13)

seperti ini. Misalnya, jika pengeluaran litbang dibiayakan segera, maka setiap dollar pemotongan litbang akan menjadi tambahan dollar pada laba sebelum pajak. Di sisi lain, jika kos litbang dikapitalisasi, setiap dollar pemotongan akan mengurangi satu dollar aset yang digunakan; beban modal (capital charge) berkurang hanya dengan satu dollar dikali cost of capital, dampak positif economic value added yang lebih kecil.

Liabilitas Jangka Panjang
Biasanya, sebuah unit bisnis menerima modalnya dari kumpulan dana korporasi. Korporasi memperoleh dana ini dari pemberi pinjaman, investor ekuitas, dan laba ditahan. Bagi unit bisnis, jumlah total dana ini relevan tetapi bukan merupakan sumber diperolehnya dana bagi mereka. Akan tetapi, dalam situasi tertentu pendanaan sebuah unit bisnis bisa saja khusus dengan situasinya sendiri. Misalnya, sebuah unit bisnis yang membangun atau mengoperasikan perumahan atau perkantoran menggunakan jauh lebih besar proporsi utang dibanding tipikal unit manufaktur atau unit pemasaran. Karena pendanaan seperti itu diperoleh dari pinjaman mortgage (pinjaman dengan jaminan) pada aset unit bisnis, mungkin yang tepat adalah memperhitungkan pinjaman secara terpisah dan menghitung economic value added pada aset yang diperoleh dari sumber umum korporasi daripada pada aset secara total.

Beban Modal
Kantor pusat menetapkan tingkat (prosentase; Rate) yang digunakan untuk menghitung beban modal. Angkanya harus lebih tinggi dari tingkat bunga pendanaan utang korporasi karena karena dana yang terlibat merupakan campuran dari utang dan kos ekuitas yang lebih tinggi. Biasanya, tingkat dana agak di bawah perkiraan kos modal (cost of capital) perusahaan sedemikian rupa sehingga rata-rata economic value added unit bisnis berada di atas nol.

Sebagian perusahaan menggunakan tingkat yang lebih rendah untuk modal kerja daripada untuk aset tetap. Hal ini mungkin mewakili sebuah pertimbangan (judgment) bahwa modal kerja berisiko lebih rendah daripada aset tetap karena dana terikat untuk jangka waktu yang lebih pendek. Dalam kasus lain, tingkat yang lebih rendah adalah sebuah cara untuk mengkompensasi kenyataan bahwa perusahaan memasukkan sediaan dan pihutang dalam basis investasi pada jumlah kotornya (misalnya, tanpa sebuah pengurangan untuk utang dagang). Hal tersebut mengakui kenyataan bahwa dana yang diperoleh dari utang dagang mempunyai tingkat bunga nol.

Survei Praktik
Praktik pada pengelolaan pusat investasi diikhtisarkan pada Tampilan 7,7, 7,9, dan 7,10. Kebanyakan perusahaan memasukkan aset tetap dalam basis investasi pada nilai buku bersih mereka. Mereka melakukannya karena itu adalah jumlah aset dalam laporan keuangan dan oleh karenanya, menurut laporan ini, menggambarkan jumlah modal yang digunakan korporasi para divisi. Manajer senior mengakui bahwa mode ini memberi sinyal yang keliru, tetapi mereka percaya individu seharusnya membuat cadangan untuk kekeliruan tersebut ketika mengintepretasikan laporan laba unit bisnis dan mode alternatif menghitung basis investasi tidak bisa dipercaya karena subyektif. Mereka menolak pendekatan depresiasi anuitas dengan dasar bahwa hal tersebut tidak konsisten dengan cara depresiasi dihitung untuk tujuan laporan keuangan.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.